Ripley's Believe It or Not


Ripley Believe It or Not! adalah waralaba, didirikan oleh Robert Ripley, yang berurusan di peristiwa aneh dan barang-barang aneh dan tidak biasa bahwa pembaca mungkin mempertanyakan klaim. Panel Believe It or Not terbukti populer dan kemudian diadaptasi menjadi berbagai format, termasuk radio, televisi, rantaimuseum, dan serangkaian buku.

Koleksi Ripley termasuk 20.000 foto, 30.000 artefak dan lebih dari 100.000 panel kartun. Dengan80-ditambah atraksi, Orlando berbasis Ripley Entertainment, Inc, sebuah divisi dari Jim Pattison Group, adalah perusahaan global dengan kehadiran tahunan lebih dari 12 juta tamu. Ripley Entertainment penerbitandan siaran divisi mengawasi sejumlah proyek, termasuk serial TV sindikasi, panel kartun surat kabar, buku,poster dan permainan.



Sindikasi Fitur Panel
Ripley pertama disebut fitur kartun nya, awalnya melibatkan prestasi olahraga, Champs dan Chumps, dan perdana pada tanggal 19 Desember 1918, di New York Globe. Ripley mulai menambahkan item tidak berhubungan dengan olahraga, dan pada bulan Oktober 1919 ia berubah judul untuk Believe It or Not. Ketika Globe dilipat pada tahun 1923, Ripley pindah ke New York Evening Post. Pada tahun yang sama, Ripley disewa Norbert Pearlroth sebagai peneliti, dan Pearlroth menghabiskan 52 tahun berikutnya hidupnya di Perpustakaan Umum New York, bekerja sepuluh jam sehari dan enam hari seminggu dalam rangka untuk menemukan fakta-fakta yang tidak biasa untuk Ripley. Penulis lain dan peneliti termasuk Lester Byck.
Mereka yang bekerja pada panel surat kabar bersindikasi setelah Ripley termasuk Joe Campbell (1946-1956), Seni Sloggatt (1917-1975), Clem Gretter (1941-1949), Carl Dorese, Bob Clarke (1943-1944), Stan Randall, Paul Frehm (1938-1978, ia menjadi artis full time di 1949) dan saudaranya Walter Frehm (1948-1989); Walter bekerja paruh waktu dengan saudaranya Paulus dan menjadi seniman Ripley penuh waktu 1978-1989. Paulus Frehm memenangkan koran Panel Kartunis Nasional Masyarakat Kartun Award untuk 1976 untuk karyanya pada seri. Clarke kemudian menciptakan parodi Believe It or Not! untuk Gila, seperti yang dilakukan Wally Wood dan Ernie Kovacs, yang juga melakukan satir berulang yang disebut "Anehnya Percaya!" pada program TV-nya.
Pada puncak popularitasnya, fitur sindikasi itu dibaca setiap hari oleh sekitar 80 juta pembaca, dan selama tiga minggu pertama Mei 1932 saja, Ripley menerima lebih dari dua juta keping surat penggemar. Puluhan edisi paperback pencetakan panel koran telah diterbitkan selama puluhan tahun. Strip lain dan buku yang dipinjam desain Ripley dan format, seperti kami Ralph Graczak yang Aneh tapi nyata Sendiri, Aneh Ini Sepertinya oleh John Hix dan Gordon Johnston Ini Terjadi di Kanada. Yang terakhir Ripley Believe It or Not! buku yang berisi materi baru telah dilengkapi ilustrasi dengan foto-foto.
Kacang pencipta Charles M. Schulz 's publikasi pertama dari karya seni diterbitkan oleh Ripley. Itu adalah kartun mengklaim anjingnya adalah "anjing pemburu yang makan pin, paku payung dan pisau cukur." Schulz anjing Spike kemudian menjadi model untuk Peanuts 'Snoopy.


Museum

Ketika Ripley pertama ditampilkan koleksi untuk umum pada Pameran Dunia Chicago tahun 1933, itulabelOdditorium Ripley dan menarik lebih dari dua juta pengunjung selama menjalankan wajar. (Dalam sebuahgimmick promosi yang jelas, tempat tidur yang disediakan dalam Odditorium bagi orang yang"pingsan"sehari-hari.) Itu pameran sukses menyebabkan menunjukkan Trailer di seluruh negeri selama tahun 1930-an,dan koleksi Ripley dipamerkan di pameran besar banyak dan pameran, termasuk San Francisco,San Diego,Dallas dan Cleveland. Di New York, Times Square, yang terkenal pameran dibuka pada tahun 1939 di Broadway. Pada tahun 1950, setahun setelah kematian Ripley, yang Odditorium permanen pertamadibuka di St Augustine, Florida.

Per Desember 2010, ada 32 Ripley Believe It or Not! Odditoriums di seluruh dunia. Odditoriums, dalam semangat Believe It or Not, yang seringkali lebih dari museum sederhana penuh dengankeingintahuan!.Beberapa termasuk teater dan arkade, seperti yang di Gatlinburg, Tennessee dan Wisconsin Dells,Wisconsin. Lainnya dibangun aneh, seperti Odditorium Orlando, Florida yang dibangun daritingkatseolah-olah bangunan itu tenggelam.
Lokasi Repley Believe It Or Not! di Indonesia ialah di Jakarta tepatnya di Pondok Indah Mall.



Film

     * Ripley menyelenggarakan serangkaian dua lusin Believe It or Not! teater film pendek pada tahun 1930dan 1931 untuk Warner Brothers Vitaphone. Dia juga muncul dalam musik Vitaphone singkat, SalamSeasons (1931), dengan Ruth Etting, Joe Penner, Ted Husing, Thelma Putih, Ray Collins, dan lain-lain.Sebuah rilis 2-DVD yang menampilkan 24 dari celana pendek ini teater tersedia pada awal Amerika Serikat16 Maret 2010 dari Warner Home Video, melalui program mereka Arsip Warner pembuatan-on-demand.
     Film pendek * Ripley yang diparodikan dalam kartun Warner Brothers 1939 Merrie Melodies berjudulPercaya atau Lain!. Dirilis pada tanggal 25 Juni, disutradarai oleh Tex Avery dan ditulis oleh Dave Monahan,itu menampilkan lelucon di mana orang terpelajar (prototipe Elmer Fudd) muncul untuk menyatakan, "Aku tidak percaya!" Pada tanggal 5 bulan November tahun yang sama, film dokumenter lain Avery parodi, IkanSegar, dirilis. Ditulis oleh Jack Miller, muntah kartun ini berjalan adalah ikan berkepala dua yang terusberenang ke layar untuk bertanya, "Maafkan saya, tapi bisa Anda memberitahu saya di mana saya dapat menemukan Tuan Ripley?"
     * Sebuah film tentang kehidupan Robert Ripley akan dirilis pada 2012, dibintangi Jim Carrey



Berikut adalah Repley's Believe It Or Not dalam bentuk komik : 
















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar